Selasa, 17 Januari 2012

Cara Transfer Data antar Laptop Via Wi-Fi

Jumpa lagi Masalah Komputer, 
 
Berikut akan dibahas bagaimana kita mentransfer data antar laptop/PC (via wifi) berarti laptop / PC kita sudah integrated dengan wireless card. Untuk laptop jangan khawatir, karena hampir semua laptop sudah dilengkapi dengan perangkat yang satu ini. lain halnya dengan masa lalu yang harus menambahkan wireless receiver (wireless usb)... 
Kan ada flash disk... barangkali gak bawa... kan ada cd.. barangkali lupa belum beli......  dari pada debat ga habis2 .. barangkali bermanfaat yang satu ini..

Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Network connection dengan cara pilih start => connect to=> show all connection,



2. Setelah windows muncul, klick kanan pada wireless network connection, pilih properties,

3. pilih tab wireless network dank lick tombol advance yang terdapat pada bagian bawah kotak dialog.

4. lalu centang kotak kecil pada computer to computer (AD HOC) network only, dan tekan tombol close



sesudah kotak advance di close, kita kembali ke wireless network connection, disini kita akan mencoba untuk membuat network name yaitu dengan cara klick tombol add yang berada dibawah preference network.

1. pada tab association, di bagian network name(SSID) isikan sebuah nama network sesuai dengan keinginan, dan saya mengisinya dengan “mursalnet”, dan nama ini juga harus di isikan sama pada laptop lain yang ingin dikoneksikan. Pada bagian data encryption pilih menu disable kemudian klick ok, dan bisa dilihat nama sudah tampil pada kolom preference network. dan lakukan juga pada laptop yang ingin dikoneksikan cara yang sama.



2. setelah selesai, lalu masuk ke network connection klick kanan pada wireless network connection pilih view available wireless, sehingga muncul kotak dan tampilah SSID yang telah dibuat diatas dengan nama “mursalnet”. Kemudian select mursalnet klick 2 x tunggu beberapa saat sehingga muncul statusnya terkoneksi..

3. untuk melihat apakah laptop sudah benar-benar terhubung maka bisa dilakukan pengecekan dengan cara Ping. Jika berhasil akan muncul replay, dan jika gagal akan muncul rto(Request TImeOut)

Kemudian Lakukan Langkah Pada laptop kedua

1. Buka Network Connections anda
2. Klick kanan Wireless Network Connection, pilih Properties
3. Klick Wireless Network, pada bagian di atas
4. Pada Available networks: , muncul nama network yang sudah diedit komputer pertama sebelumnya
5. Beri tanda chek list pada Use windows to configure my wireless network settings
6. klick ok.

Selain itu bisa juga dengan cara melakukan penyetingan Ip-address, yaitu dengan cara:
1. start=> connect to=> show all=> click kanan pada wireless network connection

2. setelah kotak muncul maka pada tab general, di bagian this connection uses the following item pilih internet protocol kemudian tekan tombol properties



3. dan akan muncul kotak baru Internet Protocol (TCP/IP) Propertise pilih the following IP addresse


4. isikan Ip addresse,subnet mask, gateway, (bisa tidak di isi kerna berada dalam satu jaringan), contoh: Ip addresse: Ip =192.168.1.1 subnet mask= 255.255.255.0(default saja range kelas C), gateway= 192.168.1.1

5. kemudian tekan tombol advance dan mencentang semua kotak kecil yang ada pada bagian ini. Dan click ok


6. lakukan penyetingan pada laptop lain yang akan dikoneksikan, namun dengan Ip yang berbeda(exp: 192.168.1.2 dst), subnet masknya harus sama seperti pada laptop pertama jika tidak maka lakukan repair.

Sharing Data
Apabila komputer kesatu mempunyai koneksi internet dan akan sharing ke yang lainnya, maka pada komputer/laptop kedua, ketigadan seterusnya. Kolom Default Gateway dan Preferred DNS servernya harus diisi yaitu : 192.168.1.1.

Untuk melakukan sharing data adalah sebagai berikut:

1. buka windows explorer, cari data yang akan disharing, kemudian click kanan lalu pilih sharing and security click tab sharing dan kemudian contreng “share this folder on the network kemudian ok
2. kemudian apabila ingin mengakses data pada computer lawan, bisa dengan cara: start=> Run=> \\ip adress lawan(\\namakomputer lawan)

Note: jika ada ilmu tambahan silahkan.. jazakumullah.. *senyum*

1 komentar:

  1. terima kasih tutorialnya silakan mampir lagi di motogp.unsri.ac id

    BalasHapus