Skip to main content

Konfigurasi Router Cisco dengan Toggit Router Simulator (Part #1)

bagian satu dari dua bagian tulisan
Karena router cisco mahal, untuk sekedar belajar dan memahami cara kerja router cisco alternatifnya adalah mengunakan Toggit (Router Simulator) yang dirancang untuk menirukan input dan output umum menggunakan Cisco Router
klik disini untuk download
Gambar Network Plan
image
Definisi Router
Router adalah sebuah device yang berfungsi untuk meneruskan paket-paket dari sebuah network ke network yang lainnya (baik LAN ke LAN atau LAN ke WAN) sehingga host-host yang ada pada sebuah network bisa berkomunikasi dengan host-host yang ada pada network yang lain. Router menghubungkan network-network tersebut pada network layer dari model OSI, sehingga secara teknis Router adalah Layer 3 Gateway –Cisco Router bisa juga menjadi Layer 4 Gateway jika Router tersebut mengimplementasikan ACL–.  Router bisa berupa sebuah device yang dirancang khusus untuk berfungsi sebagai router (dedicated router), atau bisa juga berupa sebuah PC yang difungsikan sebagai router.
Network Interface
Network Interface adalah sebuah Interface yang berfungsi untuk menyambungkan sebuah host ke network. Network Interface adalah perangkat keras yang bekerja pada layer 1 dari Model OSI. Network Interface dibutuhkan oleh Router untuk menghubungkan Router dengan sebuah LAN atau WAN. Karena Router bertugas menyambungkan network-network, sebuah router harus mempunyai minimal 2 network interface. Dengan konfigurasi minimal ini, router tersebut bisa menghubungkan 2 network, karena masing-masing network membutuhkan satu network interface yang terhubung ke Router.
Mengkonfigurasi Router
Router tidak mempunyai layar monitor untuk berinteraksi dengan network administrator, oleh karena itu, kita membutuhkan sebuah PC untuk men-setup sebuah router.
PC tersebut harus disambungkan ke router tersebut dengan salah satu dari cara berikut:
• melalui console port
• melalui Network
Tingkat akses perintah
Untuk tujuan keamaan, perintah-perintah yang bisa dijalankan dari CLI dibagi menjadi 2 tingkat akses, yaitu:
• User Mode
• Privileged Mode
User Mode ditujukan untuk melihat status router. Perintah-perintah yang diizinkan pada mode ini tidak bisa mengubah konfigurasi router, sehingga mode ini lebih aman ketika seorang network administrator hanya ingin melihat status router dan tidak ingin mengubah konfigurasi.
Privileged Mode mempunyai tingkat akses yang lebih tinggi. Dengan mode ini, network administrator bisa mengubah configurasi router. Oleh karena itu, mode ini sebaiknya digunakan dengan hati-hati sekali untuk menghindari perubahan yang tidak diinginkan pada router tersebut.
Saat log on ke router pertama kali, anda akan masuk pada user mode, dengan prompt berupa tanda (>). Untuk berpindah dari user mode ke priviledge mode, anda harus mengeksekusi perintah enable pada prompt. Prompt akan berubah menjadi tanda (#) ketika anda berada pada Privilged mode. Untuk kembali ke user mode dari priviledge mode, anda harus mengeksekusi perintah disable pada command prompt.
Contoh pada toggit :
image
Mengamankan Router dengan Password
Untuk menyulitkan orang yang tidak berhak mengubah dan mengacau konfigurasi router, maka router tersebut perlu dilindungi dengan kata sandi (password).
Password untuk console
Jika password diaktifkan pada console, maka user tidak bisa begitu saja mendapatkan akses ke router melalui console tanpa menuliskan password console terlebih dahulu. Untuk melakukan hal ini, diperlukan perintah line console 0 diikuti dengan perintah login dan password dalam konfigurasi router.
Contoh : membuat password untuk console
image
Router yang dikonfigurasi seperti contoh akan meminta password ketika user mencoba mendapatkan akses melalui console. Dan passwordnya adalah rahasia.
Password untuk Virtual Terminal
Virtual Terminal ini akan digunakan ketika user ingin mendapatkan akses melalui jaringan dengan applikasi telnet. Password Virtual Terminal ini harus dikonfigurasi sebelum user bisa mendapatkan akses melalui jaringan. Tanpa password, koneksi melalui jaringan akan ditolak oleh router dan router akan memberikan pesan berikut:
Password required, but none set
Contoh : memperlihatkan bagaimana caranya mengkonfigurasi password pada Virtual Terminal.
image
Pada contoh, router akan meminta password ketika diakses lewat jaringan. Dan password untuk virtual terminal tersebut adalah coba. Angka pada baris line vty 0 4 menunjukkan nomer awal virtual terminal, dan angka menunjukkan nomer terakhir dari virtual terminal. Oleh karena itu, perintah tersebut memperlihatkan bahwa router tersebut mengizinkan 5 koneksi melalui virtual terminal pada waktu yang bersamaan.
Password untuk mode priviledge
Setelah user menuliskan password dengan benar untuk mendapatkan akses ke router baik melalui jaringan ataupun console, maka user akan memasuki user mode.
Jika password untuk mode priviledge dikonfigurasi, maka user juga harus menuliskan password lagi untuk masuk ke mode itu.
Perintah yang digunakan untuk memberi password pada mode ini adalah enable password, atauenable secret.
Perbedaan antara kedua perintah tersebut adalah bahwa perintah enable secret membuat password-nya terenkrip sedangkan enable password tidak. Kedua perintah tersebut juga bisa dituliskan kedua-duanya dalam mode konfigurasi global, dan keduanya juga bisa mempunyai password yang berbeda. Namun jika keduanya diletakkan pada konfigurasi, maka password pada enable secret yang akan digunakan untuk memasuki privileged mode.
Contoh : mengkonfigurasi enable password
image
Tampilan ketika akan masuk ke previledge mode setelah password di aktifkan :
image
Contoh : mengkonfigurasi enable secret
image
Dalam konfigurasi router, sebuah perintah bisa dihapus dengan menambahkan perintah no pada mode konfigurasi. Dengan demikian, untuk menghapus password pada contoh dapat dilakukan dengan perintah seperti yang tampak pada contoh berikut
Contoh : menghapus password enable secret
image
Setting Interfaces
Melihat interface ethernet0
image
Terlihat bahwa line protocol-nya down
Melihat interface serial0
image
Line protocol-nya juga down
Untuk melihat konfigurasi yang sedang berjalan
image
Terlihat juga bahwa tidak ada protocol yang ditampilkan
Masuk ke configuration mode
image
Untuk masuk ke mode interface configuration untuk ethernet ketikkan perintah #interface ethernet0
image
Lihat gambar Network Plan. Network interface router mempunyai ip address 172.10.0.1. Kita akan memasukkan alamat ip tersebut dan default subnet mask pada initerface ini.
image
Penjelasan perintah di atas :
# ip address 172.10.0.1 255.255.0.0 > memasukkan alamat ip dan default subnet masknya
#no shutdown > mengaktifkan interface
#exit > keluar dari ethernet interface configuration
Mengkonfigurasi Serial Interface
Serial interface adalah interface yang seringkali digunakan untuk koneksi ke WAN (Wide Area Network). Koneksi serial membutuhkan clocking untuk sinkronisasi. Dan oleh karena itu, hubungan serial ini harus mempunyai 2 sisi, yaitu DCE (data circuitterminating equipment_ dan DTE (data terminal equipment). DCE menyediakan clocking dan DTE akan mengikuti clock yang diberikan oleh DCE. Kabel DCE mempunyai koneksi female (perempuan), sedangkan kabel DTE mempunyai koneksi male (jantan).
Pada prakteknya, DCE biasanya disediakan oleh service provider yang biasanya adalah merupakan koneksi ke CSU/DSU. Router sendiri biasanya hanyalah berperan sebagai DTE sehingga router tersebut tidak perlu menyediakan clocking.
Walaupun demikian, cisco router juga bisa berperan sebagai DCE yang menyediakan clocking. Fungsi ini biasanya dipakai untuk uji coba router dimana kita bisa menghubungkan 2 buah router back to back sehingga salah satu router harus berfungsi sebagai DCE agar koneksi bisa terjadi.
Lihat kembali gambar network plan. Catat bahwa alamat IP dari 56K koneksi serial adalah 210.16.54.1. Cara mengkonfigurasinya seperti dibawah :
image
Catatan :
#bandwidth 56 > perintah bandwidth biasanya digunakan dalam testing lab environment
#clock rate 56000 > untuk mengeset DCE rate
Ketikkan perintah #show interface serial0
image
Sekarang terlihat bahwa line protocol-nya berjalan
Coba juga dengan perintah #show running-config
image
Sekarang terlihat ip address serial0 dan ethernet0
bersambung... silahkan buka bagian 2 tulisan ini.
Sebagian tulisan diambil dari ilmukomputer.com>Alfred Alinazar>Pengantar Cisco Router

Comments

Post Populer

Spesifikasi Hardware yang Dibutuhkan Linux

Tidak seperti OS di Microsoft (Ms Windows) Linux memberikan keleluasaan kepada kita untuk menginstal aplikasinya. Linux mempunyai opsi instalasi dalam mode grafik dan mode text. Jika kita mempunyai komputer lama (Pentium I sekalipun) jangan buru-buru dibuang atau dijual kiloan, karena itu dapat dimanfaatkan untuk sebuah mesin komputer yang powerfull dalam linux. Berikut spesifikasi yang dibutuhkan linux untuk instalasinya: (dalam hal ini saya memilih Redhat sebagai varian Linux yang akan kita bahas dalam topik tulisan ini) Redhat 9 memberikan spesifikasi  hardware  minimal yang dibutuhkan agar sistem dapat berjalan dengan baik. Spsesifikasi tersebut adalah sebagai berikut : Prosesor : Pentium I 200 (untuk mode  text ) Pentium II 400 (untuk mode grafik) Rekomendasi Pentium III 600 MB ke atas Hard disk  : 475 MB (Untuk custom installation) 850 MB (Untuk Server) 1,7 GB (Untuk Personal Desktop) 2,1 GB (Untuk Workstation) Rekomendasi 10 GB ke atas Memory : 64 MB (untu

Corel Draw X3 : Download dan Cara Installasi

Download Corel Graphicsuite X3 Anda bingung bagaimana  cara install corel draw x3..???, Berikut ini adalah langkah-langkah instalasi corel draw x3.  Sebelum melakukan instalasi pastikan anda sudah mempunyai file installernya (file master corel draw x3). Kemudian pastikan komputer anda tidak terkoneksi ke jaringan internet. Belum punya? download di sini 1.  Install Program Corel Draw X3 Klik program (installer) corel draw x3, kemudian akan muncul “Choose Setup Language”, klik ok Klik continue Setelah klik continue maka akan muncul seperti gambar di bawah ini Buka program (klik) Keygen corel draw, maka akan muncul seperti berikut ini Copy serial number yang ada di keygen diatas, kemudian paste pada kolom “ Already have a trial serial number ” (lihat gambar di atas), kemudian klik continue (Jika tombol continue belum aktif, setelah anda paste serial number coba di tekan enter pada keyboard). Keygen ini jangan dulu anda close (exit) sampai proses instalasi dan aktifasi sele

Cara membuat windows 7 full dengan Windows Loader

Download Windows-Loader-v2.2.2.rar Layar menjadi hitam, gelap pada windows7 dengan tulisan this windows not genuine. Merubah windows7 menjadi Genuine atau asli. Jika kita menggunakan windows7 yang tidak asli, suatu saat akan muncul hal seperti ini. Trik, cara membuat Windows7 menjadi Genuine atau asli. Mengapa kita perlu membuat windows 7 menjadi Genuine atau asli, karena jika kita menginstall windows not genuine, maka suatu saat nanti, windows akan berubah menjadi layer hitam dengan tulisan 'this windows not genuine' di kanan bawah layar komputer anda. Berikut cara membuat Windows7 menjadi Genuine atau asli. Download Windows  Loader di link berikut ini  download di sini Catatan: Yang perlu anda perhatikan adalah, untuk kasus windows7 yang tiba-tiba menjadi not genuine/layer hitam, maka pada windows loader silakan pilih uninstall terlebih dahulu. Jika anda baru saja melakukan install ulang windows 7, maka untuk membuat menjadi genuine, pada windows loader anda, langsung pili